TINGKAT KEPUASAN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI INSTALASI FARMASI RSUD BUMIAYU

  • Siti Mutripah Program Studi Diploma Tiga Farmasi Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto
  • Nila Rusdi Rahayu Program Studi Diploma Tiga Farmasi Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto
Keywords: Kepuasan, Informasi, Obat

Abstract

ABSTRAK  Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa yang muncul dari konsumen setelah membandingkan antara persepsi konsumen terhadap hasil atau kinerja sebuah produk atau jasa beserta harapan-harapannya.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat di Instalasi Farmasi RSUD Bumiayu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasinya pasien yang berobat jalan dan melakukan pengambilan obat melalui Instalasi Farmasi RSUD Bumiayu. Teknik sampling menggunakan consecutive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 87 pasien. Metode analisis yang digunakan univariat. Hasil penelitian sebagian besar pasien mempunyai harapan tinggi sebanyak 57,5%, kinerja atau kenyataan cukup baik sebanyak 73,6%, pasien tidak puas terhadap pelayanan informasi obat sebanyak 60,9%  

References

Assauri. (2003). Manajemen Pemasaran Jasa, Jilid 1. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Harianto, S. (2004). Penebusan Resep oleh Paien Rawat jalan dan Faktor-Faktor yang Mempemgaruhinya. Majalah Ilmu Kefarmasian, 1(3).
Kotler, P. dan Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 12. PT. Indeks.
Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. PT. Prenballindo.
Suryani, T. (2008). Loyalitas Pelanggan Jasa. Graha Ilmu.
Published
2023-07-24
How to Cite
Mutripah, S., & Rahayu, N. R. (2023). TINGKAT KEPUASAN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI INSTALASI FARMASI RSUD BUMIAYU. Jurnal Estu Utomo Health Science, 17(02), 25-29. Retrieved from http://cbt.stikeseub.ac.id/index.php/JEU/article/view/803
Section
Articles